(كوني لؤلؤة نفيسة ولو بين الرمال ~**~ ~**~ كوني زهرة جميلة ولو بين الأعشاب ~**~ (يسري كومبيه ~**~
"Jadilah Sebutir Mutiara Yang Berharga Meski Di Antara Tumpukan Pasir... Jadilah Setangkai Bunga Yang Indah Meski Di Antara Tumbuhnya Rerumputan..." (Yusri Kombih)

Kamis, 28 Maret 2013

Filled Under:

HIDUP ITU MUDAH ATAU SULIT


Kawan,
Aku tertidur dalam tidurku
Aku bermimpi dalam mimpiku
Aku terdiam dalam diamku
Malamku di atas malam
Tanpa bintang dan rembulan
Fajarku tak kunjung menjelang
Pagiku tak kunjung datang
Mentari seperti menghilang

Di bumu manakah aku
Di musim apakah aku
Adakah di bumi begitu
O, kawan
Di mana aku

Kata mereka ada cahaya, kawan
Cahaya Tuhan, katanya
Siapa yang merasa gelap
Ia tidaklah bertuhan
Lantas,
Tak bertuhankah aku

Kemana mesti kucari cahaya itu
Kemana mesti kucari Tuhan itu
Haruskah Tuhan kucari
Kemana
Atau aku hanya perlu menunggu
Akankah Tuhan datang
O, Tuhan
Hampiri aku
Aku merindu

Kawan,
Aku baru hidup
Maka itu;
Aku tak tahu tentang hidupku

Kutanya pada mereka yang juga hidup
HIDUP ITU MUDAH ATAU SULIT
__Tergantung, katanya
__Tergantung pada dirimu sendiri
Tapi,
Apakah tergantung itu mudah, tanyaku
__Mudah, katanya
__Mudah jika kau sabar dan tawakkal
Tapi,
Apakah sabar dan tawakkal itu mudah
Ia tercenung

Kutanya pada mereka yang lebih tua
HIDUP ITU MUDAH ATAU SULIT
Katanya,
__Engkau jangan lupa hidup adalah ujian
__Jika ingin sukses ujian kau harus banyak belajar
__Dan berusaha menghindari kesalahan
APAKAH ITU MUDAH ATAU SULIT
Ia pun tertunduk

Kutanya pada mereka yang gila
HIDUP ITU MUDAH ATAU SULIT
__Mudah, katanya
Mudah bagaimana, tanyaku
__Ya, mudah
__Apa pun yang ingin kau lakukan
__Lakukanlah
APAKAH ITU MUDAH
__haha
Dia tertawa

Kutanya pada seorang pelajar
Kulihat ia begitu sibuk dengan kitab-kitab tebalnya
HIDUP ITU MUDAH ATAU SULIT
Katanya,
__Kawan, hidup itu tidak mudah
__Banyak hal yang sulit dipahami
__Untuk itu
__Belajar adalah proses tanpa akhir
APAKAH ITU MUDAH
Ia pun terdiam

Kuhampiri seorang pekerja
Tampaknya ia lelah sekali
Kutanya,
HIDUP ITU MUDAH ATAU SULIT
Katanya,
__Hidup itu tidak mudah, Nak
__Kita harus kerja keras
__Meski untuk sesuap nasi
__Hidup adalah perjuangan
APAKAH ITU MUDAH
__Sudah kukatakan,
__ITU TIDAK MUDAH!
Ia marah
Aku pergi

Kutemui seseorang yang kata mereka berilmu
Wajahnya tenang sekali
Bening dan bercahaya
Meski ia sudah sepuh
Meski kerutan wajahnya tak terhitung
Namun menenangkan
Menyenangkan
HIDUP ITU MUDAH, tanyaku
Aku lupa menanyakan dengan kata SULIT
Aku terlupa dengan kata SULIT
Ia hanya tersenyum
HIDUP ITU SULIT, tanyaku lagi
Ia hanya menangis
HIDUP ITU MUDAH ATAU SULIT
Ia terdiam
Ia memandangiku dengan lekat
Aku terdiam
__Nak,
__Hidup itu bukan pertanyaan
__Jadi tak perlu kau tanyakan
__Apakah ia mudah atau sulit
__Apakah nikmat atau sengsara
__Apakah ia sementara atau selamanya
__Sudahlah
__Istirahatkan dirimu dari pertanyaan-pertanyaan itu
__Pertanyaan itu tak kan ada habisnya

__HIDUP ADALAH PERJALANAN
__Percayalah pada-Nya
__Ia akan membimbing jalanmu
__Ia akan menerangi gelapmu
__HIDUP ITU MUDAH
__HIDUP ITU JUGA SULIT
__dan DALAM SULIT ITU ADA MUDAH
__Tapi, tak perlu kau tanyakan itu
__JALANI SAJALAH HIDUP INI

Aku terdiam
Aku tak berani bertanya
APAKAH ITU MUDAH, batinku
__SUDAHHLAH!, bentaknya
Seakan mendengar bahasa batinku
__HIDUP BUKANLAH PERTANYAAN
__HIDUP ADALAH PERJALANAN
__JALANI SAJALAH HIDUP INI
__JALANI SAJALAH !

Aku dan batinku terdiam__Mencoba terus berjalan__Mengakhiri pertanyaan
Meneruskan perjalanan.

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor

free counters

Copyright @ 2013 صاحب القرآن.